Catatan Mahasiswa

GORESAN PEMIKIRAN & UKIRAN PENGALAMAN SEORANG MAHASISWA

Selasa, 12 Maret 2013

PAWAI OGOH-OGOH





Unknown | 2:06:00 PM | Be the first to comment! | Tweet +1 Like


Indonesia terdiri dari bermacam-macam budaya, yupppsss.... Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan dari ujung timur sampai ujung barat. Maka tak heran kalau kita mengandalkan budaya kita sebagai pariwisata andalan Negeri ini. 

Pernahkah kalian mendengar atau mengetahui Ogoh-ogoh? Ogoh-ogoh adalah simbolis butha kala (roh jahat) yang dimanifestasikan dalam wujud patung besar dan diarak keliling desa. Ogoh-ogoh hanya terdapat di Bali namun warga Hindu diluar Balipun biasanya membuat Ogoh-ogoh jauh-jauh hari sebelum menyambut Nyepi, hari Suci Agama Hindu.

Ogoh-ogoh diarak keliling desa tepat sebelum hari raya Nyepi, nama hari tersebut adalah hari Pengerupukan. Mengarak Ogoh-ogoh biasanya dibarengi dengan Gong atau Gambelan atau musik tradisional Khas Bali. Seiring dengan berkembangan jaman, kreatifitas masyarakat semakin meningkat, selain menonjolkan ogoh-ogoh yang bagus dan Gamelan yang kreatif, kini mengarak ogoh-ogoh dibarengi dengan tarian-tarian tradisional sesuai dengan tema yang diusung, namun tidak semua peserta pawai ogoh-ogoh menonjolkan tarian-tarian tradisionalnya. Bagaimana kemeriahan saat mengarak ogoh-ogoh? Berikut gue share beberapa foto yang gue ambil dari pawai ogoh-ogoh yang ada di lingkungan tempat tinggal gue, mohon maaf apabila gambarnya kurang jelas, karena gue mengambil foto dengan HP.




 



 

 



KW


By Unknown
This is the Author Bio Box
Enter short description about yourself here
Get more from Unknown on and Twitter

Share and Spread Share On Facebook +1 This Post blogger tips Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati

You Might Also Like

0 komentar: